Problematika Seleksi dan Rekrutmen Guru Pemerintah di Indonesia
Abstract
To date, the implementation of education in Indonesia could not be separated from the problems of teacher governance, non-permanent or honorary teachers, and bureaucratic reforms that affect the quality of education and the working climate within. In an effort to improve the quality of public services by the State Civil Apparatus (ASN), the Ministry of Education and Culture agrees with the Ministry of State Apparatus Utilization and Bureaucratic Reform, as well as the Ministry of Finance to change the recruitment system for government teachers from the recruitment of Candidates for Civil Servants (CPNS) to the recruitment of Government Employees with Work Agreements (PPPK), which in its implementation still leaves several problems with various parties’ pros and cons. This qualitative research uses data from related stakeholders meetings with Commission X DPR RI on January 2021, supported by secondary data from mass media and webinars that discuss the issue of PPPK teachers’ recruitment to answer the following question: how can teachers’ recruitment strategy with PPPK solve the problems of (1) improvement of teachers’ management; (2) solving the issue of honorary teachers; and (3) bureaucratic reform by improving the quality of public services by the State Civil Apparatus (ASN)? It can be concluded that there is a need for a total improvement in the teacher selection and recruitment system, namely (1) based on need; (2) candidates are produced by Teachers Training Institution in supply to field's demand; (3) prioritizing competence and qualifications.
Abstrak
Penyelenggaraan pendidikan di Indonesia hingga saat ini belum lepas dari persoalan tata kelola guru, guru honorer, dan reformasi birokrasi yang berpengaruh terhadap kualitas pendidikan dan iklim kerja di dalamnya. Dalam upaya peningkatan kualitas layanan publik oleh Aparatur Sipil Negara (ASN), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sepakat dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dan Kementerian Keuangan untuk mengubah sistem rekrutmen guru pegawai pemerintah dari penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang dalam pelaksanaannya masih menyisakan beberapa masalah dan pro kontra berbagai pihak. Penelitian kualitatif ini menggunakan data rapat stakeholder terkait dengan Komisi X DPR RI selama bulan Januari 2021 dilengkapi data sekunder dari media massa dan webinar yang membahas mengenai isu rekrutmen guru PPPK guna menjawab pertanyaan: bagaimana strategi rekrutmen guru dengan PPPK dapat menyelesaikan permasalahan (1) perbaikan tata kelola guru; (2) penyelesaian isu guru honorer; dan (3) reformasi birokrasi dengan peningkatan kualitas layanan publik oleh ASN? Dapat disimpulkan bahwa perlu ada perbaikan total dalam sistem seleksi dan rekrutmen guru, yaitu: (1) berdasarkan kebutuhan; (2) calon guru diproduksi oleh Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan sesuai dengan kebutuhan di lapangan; dan (3) mengutamakan kompetensi dan kualifikasi.
Keywords
Full Text:
pdfReferences
Abbas, H. (2020). Meluruskan Arah Pendidikan. Jakarta: Kompas Penerbit Buku.
Abdou, A. (2012). Teachers' recruitment and selection practices within different schooling systems in Egypt (Master's Thesis, the American University in Cairo, 2012]. Retrieved from https://fount.aucegypt.edu/etds/1433
Alawiyah, F. (2018). Problematika Tata Kelola Guru dalam Implementasi Undang-Undang Guru dan Dosen. Aspirasi: Jurnal Masalah-masalah Sosial, 9(1), 121-143. doi: 10.46807/aspirasi.v9i1.1011
Arifa, F.N. (2020). PPPK Guru sebagai Pemenuhan Kekurangan Tenaga Pendidik. Info Singkat, XII(23)1, 13-18.
Armstrong, M. (2008). Strategic Human Resource Management: A Guide to Action (4th Ed). London: Kogan Page. Retrieved from http://oktato.econ.unideb.hu/kunandras/engMBA/SHRM/Armstrong_SHRM_Action.pdf
Asian Development Bank. (2021). A Diagnostic Study of The Civil Service in Indonesia. Filipina: Asian Development Bank.
Badan Keahlian DPR RI. (2019). Naskah Akademik Rancangan Undang-Undang tentang Guru. tidak diterbitkan.
Badan Kepegawaian Nasional (BKN). (2021, Januari 5). Dorong Produktivitas Birokrasi, Pemerintah Gulirkan Skema PPPK Bagi Sejumlah Jabatan ASN Termasuk Guru. Siaran Pers. Retrieved from https://www.bkn.go.id/berita/dorong-produktivitas-birokrasi-pemerintah-gulirkan-skema-pppk-bagi-sejumlah-jabatan-asn-termasuk-guru
Badan Pusat Statistik. (2020). Potret Pendidikan Indonesia: Statistik Pendidikan 2020. Jakarta: Badan Pusat Statistik.
Bahri. (2021). Dukungan APBD dalam Pemenuhan Kebutuhan Guru Daerah melalui Formasi PPPK. Disampaikan dalam RDPU dengan Komisi X pada tanggal 18 Januari 2021.
Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Profesionalisme Guru Tidak Tetap (GTT) di Sekolah Negeri. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, Balitbang, Kemendikbud.
bin Syed Husin, S. M. (2020a). Malaysia National Education Blueprint: An Overview on the Policy of Recruitment and Selection of Teachers. Journal of Economics, Finance and Management Studies (JEFMS), 3(3), 31-39.
bin Syed Husin, S. M. (2020b). Teacher Recruitment, Selection, And Promotion: The Role Of Teachers’ Unions In Malaysia. International Journal of Humanities Technology and Civilization (IJHTC), 8(1), 50–63.
Cameron, V. & Grootenboer, P. (2018). Human Resource Management in Education: Recruitment and Selection of Teachers. International Journal of Management and Applied Science, 4(2), 89–94.
Darmaningtyas, D. S. (2014). Rencana Kebijakan Moratorium Penerimaan CPNS. Info Singkat, 6(24), 17–20.
Francis, B., Hodgen, J., Craig, N., Taylor, B., Archer, L., Mazenod, A., Tereshchenko, A., & Connolly, P. (2019). Teacher ‘quality’ and attainment grouping: The role of within-school teacher deployment in social and educational inequality. Teaching and Teacher Education, 77(2019), 183-192. doi: 10.1016/j.tate.2018.10.001
Hobson, A. J., Ashby, P., McIntyre, J., & Malderez, A. (2010). International Approaches to Teacher Selection and Recruitment (OECD Education Working Papers, No. 47). France: OECD Publishing. http://dx.doi.org/10.1787/5kmbphhh6qmx-en
Indrawati, S. M. [Kemendikbud RI]. (2020, November 23). Pengumuman Seleksi Guru PPPK Tahun 2021 [Video file]. Diakses dari https://www.youtube.com/watch?v=EDUH43a1R7c
Kamil, I. (2020, November 25). Menanti Nasib Pengangkatan 34.000 Guru Honorer yang Lulus PPPK 2019. Kompas.com. Diakses dari https://nasional.kompas.com/read/2020/11/25/07181941/menanti-nasib-pengangkatan-34000-guru-honorer-yang-lulus-pppk-2019?page=all
Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. [Parlemen Channel]. (2021, Januari 18). Live Streaming - RDP Komisi X DPR RI dengan Kemendikbud RI [Video File]. Diakses dari https://www.youtube.com/watch?v=v2tlClRi7AE
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. [Parlemen Chanel]. (2021, Januari 18). Perkembangan Persiapan Seleksi Guru ASN PPPK. Live Streaming - RDP Komisi X DPR RI dengan Kemendikbud RI [Video File]. Diakses dari https://www.youtube.com/watch?v=v2tlClRi7AE
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2021, Maret, 5). Usulan Terbesar Sepanjang Sejarah, Pemda Ajukan 568 Ribu Formasi Guru ASN PPPK. [Press Release]. Diakses dari https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2021/03/usulan-terbesar-sepanjang-sejarah-pemda-ajukan-568-ribu-formasi-guru-asn-pppk
Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2021, Januari 18). Kajian Latar Belakang Transformasi Pendidik dalam Peta Jalan Pendidikan Indonesia. Paparan. RDPU Komisi X DPR RI dengan Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud, Dirjen Anggaran Kemenkeu, Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri, Deputi Bidang SDM Aparatur KemenPANRB, dan Kepala BKN. Jakarta. Tidak diterbitkan.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (tt). Rincian jumlah Guru dan Tenaga Kependidikan menurut status kepegawaian . [Dashboard GTK]. Diakses dari https://referensi.data.kemdikbud.go.id/dashboardptk/ptk_dash2.php?id=20, pada 15 Februari 2021.
Komisi II Berkeinginan Lanjutkan Revisi UU ASN. (2021). Diakses dari https://dpr.go.id/berita/detail/id/31381/t/Komisi+II+Berkeinginan+Lanjutkan+Revisi+UU+ASN
Maharani, T. (2020, Desember 29). Kepala BKN: Tak Ada Lagi Pengangkatan Guru lewat Seleksi CPNS. Kompas.com. Diakses dari https://nasional.kompas.com/read/2020/12/29/17194061/kepala-bkn-tak-ada-lagi-pengangkatan-guru-lewat-seleksi-cpns
Makarim, N. [Kemendikbud RI] (2020, November 23). Pengumuman Seleksi Guru PPPK Tahun 2021 [Video File]. Diakses dari https://www.youtube.com/watch?v=EDUH43a1R7c
Numano, T. (2010). Teacher Training and Certificate System. Diakses dari https://www.nier.go.jp/English/educationjapan/pdf/201103TTCS.pdf
Organization for Economic Co-Operation and Development. (2005). Recruiting, Selecting and Employing Teachers Pointers for policy development. Diakses dari http://www.oecd.org/education/school/45399535.pdf
Pemerintah Rekrut Sejuta Guru dengan Sistem PPPK. (2021, Januari 7). Media Indonesia, hal. 2.
Potret Pendidikan. (2019, August 24). Jebolan LPTK Banyak Nganggur Atau Pilih Jadi Guru Honorer. PotretPendidikan.com. Diakses darihttps://potretpendidikan.com/jebolan-lptk-banyak-nganggur-atau-pilih-jadi-guru-honorer/
Pramestuti, A.W. [Komisi X DPR RI Channel]. (2021, Mei 24). Pembukaan Rapat Dengar Pendapat Panja PGTKH-ASN Komisi X dengan Rektor Universitas Negeri Padang, Rektor Universitas Negeri Yogyakarta, Rektor Universitas Negeri Manado, dan Rektor Universitas Pendidikan Ganesha. Live Streaming - RDP Panja PGTKH-ASN Komisi X dengan Rektor Universitas Negeri Padang, Rektor Universitas Negeri Yogyakarta, Rektor Universitas Negeri Manado, dan Rektor Universitas Pendidikan Ganesha [Video File]. Diakses dari https://www.youtube.com/watch?v=JkoFC_q38J4
Quin, D., Hemphill, S.A., & Heerde, J.A. (2017). Associations between teaching quality and secondary students’ behavioral, emotional, and cognitive engagement in school. Social Psychology Education, 20(4), 807–829. doi: 10.1007/s11218-017-9401-2
Ree, J.D., Al-Samarrai, S., & Iskandar, S. (2012). Sertifikasi Guru di Indonesia: Peningkatan Pendapatan atau Cara untuk Meningkatkan Pembelajaran? (Naskah Kebijakan No. 73264). Jakarta: Kemendikbud, Kingdom of Netherland, & Bank Dunia. Diakses dari http://documents1.worldbank.org/curated/en/706731468259517603/pdf/732640BRI0BAHA00disclosed0100170120.pdf
Revina, S. (2020, Oktober 21). Dampak Sistem Perekrutan dan Pengembangan Guru terhadap Kualitas Guru di Indonesia [Video File]. Diakses darihttps://rise.smeru.or.id/id/acara/membedah-sistem-perekrutan-dan-pengembangan-guru-tantangan-dan-strategi-mewujudkan-pendidikan
Revina, S. & Huang, A. (2020, Agustus 25). Proses rekrutmen sebagai ASN membuat guru di Indonesia berkualitas rendah. Program Rise di Indonesia. Diakses dari https://rise.smeru.or.id/id/blog/proses-rekrutmen-sebagai-asn-membuat-guru-di-indonesia-berkualitas-rendah
Revina, S., Pramana, R. P, Fillaili, R., & Suryadarma, D. (2020). Systemic Constraints Facing Teacher Professional Development in a Middle-Income Country: Indonesia’s Experience Over Four Decades (RISE Working Paper 20/054 October 2020). Diakses dari https://rise.smeru.or.id/sites/default/files/publication/RISE_WP-054_Revinaetal.pdf
Rice, J. K. (2003). Teacher Quality: Understanding the Effectiveness of Teacher Attributes. Washington: Economic Policy Institute. Diakses dari https://files.epi.org/page/-/old/books/teacher_quality_exec_summary.pdf
Rosyidi, U. (2020, December 7). Jawaban PGRI terhadap Pertanyaan tentang Peta Jalan Pendidikan Komisi X DPR RI. Paparan. Rapat Dengar Pendapat Umum Komisi X tanggal 7 Desember 2020. Tidak diterbitkan.
Supriyatin (2021). Penempatan PPPK Guru 2019 di Kabupaten Wonosobo/Pewawancara: Fieka Nurul A, Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR RI, Jakarta.
Suryani, N. (2020). Strategi Pemerintah Pusat Dalam Mengatasi Tantangan Pengembangan Guru. Paparan. Webinar Membedah Sistem Perekrutan dan Pengembangan Guru: Tantangan dan Strategi Mewujudkan Pendidikan Berkualitas. Jakarta, The Smeru Research Institute. Tidak diterbitkan.
Xu, Z. & Gulosino, C. (2006). How Does Teacher Quality Matter? The Effect of Teacher–Parent Partnership on Early Childhood Performance in Public and Private Schools. Education Economics, 14(3), 345-367, doi: 10.1080/09645290600777550
Yamasaki, H. (2016). Teachers and Teacher Education in Japan. Bull. Grad. School Educ.Hiroshima Univ., 65(Part III), 19–28.
DOI: https://doi.org/10.46807/aspirasi.v12i1.2101
Refbacks
- There are currently no refbacks.